MOVI selenggarakan lab tour produksi rokok elektronik

Investasi dan riset dari MOVI Group   ditujukan agar produk yg dihasilkan MOVI merupakan produk berkualitas terbaik dengan menggunakan fasilitas yang berstandard farmasi.

Jakarta (ANTARA) – MOVI (Ministry of Vape Indonesia) menyelenggarakan lab tour yang dihadiri oleh 20 orang dari Paguyuban Bogor, pemilik toko rokok elektronik Bogor. 

Para peserta diberikan akses untuk melihat proses produksi dari mulai proses pencampuran bahan menggunakan mesin aduk khusus secara gyromatic, proses stepping/aging seperti dalam pembuatan anggur, bottling dan filling otomatis, hingga sampai proses packing menggunakan mesin blister otomatis .  

“Kami sangat senang dengan komitmen MOVI dalam menjaga kualitas dan mutu, belum pernah kami melihat pabrik rokok elektronik secanggih MOVI di Indonesia, semoga MOVI terus menjaga mutu dan mengeluarkan produk produk innovatif sehingga industri rokok elektronik dapat menjadi lebih baik di masa depan,” ujar Randy, salah satu pemilik toko yang hadir dalam keterangan tertulis, Minggu.

Pekembangan rokok elektrik di Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun, tercatat dari penerimaan cukai pada tahun 2018 untuk produk HPTL (Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya) adalah sebesar Rp99 miliar, tahun 2019 menjadi Rp427,01 miliar, tahun 2020 naik menjadi Rp689 miliar, bisnis rokok elektronik ini akan membantu pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru di Indonesia dan juga memberikan “cleaner alternative” bagi para 100 juta perokok nusantara.

Sesuai dengan misi MOVI yaitu pengetahuan, MOVI bersama dengan PT PUF Sains Lab telah melakukan berbagai riset dan pengembangan selama beberapa tahun. Dengan berinvestasi di fasilitas dan tenaga ahli, MOVI Group telah menghasilkan banyak produk yang dilindungi oleh 50+ intellectual properties. Hak Cipta ini termasuk patent patent dan trademarks, telah terdaftar di kantor patent nasional maupun internasional ie. PCT, USA, China,Eropa dan beberapa negara lainnya.  Movi Group terus berkomitmen mengembangkan riset di industri drug delivery system, tidak hanya di penggunaan nikotin tetapi juga menggunakan vaporizer sebagai drug delivery system karena daya serap nya yg sangat effektif bagi pemakaian obat – obatan tertentu.

Investasi dan riset dari MOVI Group   ditujukan agar produk yg dihasilkan MOVI merupakan produk berkualitas terbaik dengan menggunakan fasilitas yang berstandard farmasi.

Di MOVI lab ini sumber daya listrik yang digunakan adalah solar panel, selain untuk menghemat daya, solar panel lebih ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya seperti karbon dioksida.

Dimasz Jeremia, CEO MOVI menjelaskan segala aspek penunjang sangat kami perhatikan mulai dari seragam lab yang dibuat dari kain static yang dirancang khusus untuk mengurangi aliran listrik pada tubuh manusia yang fungsinya dapat menekan angka kerusakan pada produk yang dihasilkan sehingga sangat aman dipakai. Material kain anti statik / Electrostatic discharge (ESD) polyester di padukan dengan benang serat karbon konduktif menghasilkan bahan yang ringan dan anti debu.”

Selanjutnya, dinding penyekat dan pintu yang berbahan panel campuran aluminium, zink & besi yang ditengahnya dilapisi oleh bahan sterofoam anti bakar sehingga bangunan ruang sangat aman bila terjadi konsleting dan meminimalkan terjadinya kebakaran di bagian dinding. Lantai di lab MOVI dilapisi oleh epoxy. Lantai beton yang dilapisi epoxy bertahan lebih lama dibandingkan yang dilapisi cat biasa. Selain mudah dibersihkan, lantai Epoxy juga memenuhi standar ISO industri.

Untuk sirkulasi udara, MOVI Lab menggunakan AC sentral dengan HEPA filter. Bangunan pabrik dirancang dengan standar pabrik industri farmasi. HEPA filter yang digunakan juga sesuai dengan standard industri farmasi. HEPA filter merupakan salah satu komponen penting dalam sistem HVAC (dibaca “eich-fak”) “heating, ventilation, dan air-conditioning” atau sering dikenal dengan istilah tata udara. HEPA adalah “High Efficiency Particulate Air” atau “High Efficiency Particulate Arrestance.” HEPA merupakan filter yang dibuat, diuji dan disertifikasi sehingga sesuai dengan standar Institute of Environmental Sciences and Technology (IEST). 

HEPA ini berfungsi menyaring udara dari lingkungan agar bersih untuk disalurkan ke dalam area bersih ruang produksi farmasi. Dalam sistem HVAC, udara sebelumnya disaring melalui prefilter kemudian melewati medium filter kemudian baru disaring melalui HEPA filter. Penyaringan udara dilakukan secara bertahap agar efektif terciptanya udara ruangan yang benar-benar bersih seperti udara di pegunungan.

Dimasz Jeremia juga menyampaikan kualitas terbaik adalah sebuah moto yg kami lakukan secara serius.  Produk berkualitas didapatkan dari penggunaan bahan bahan pilihan yang didapatkan dari berbagai area, proses pembuatan yang memakai proses maupun peralatan berstandard international, quality control dan quality assurance yang ketat, penyimpanan dan pendistribusian yang sesuai standard.  Oleh sebab itu, kualitas yang menjadi titik tengah untuk pertemuan kita. Urusan kualitas bukanlah urusan main-main bagi MOVI. “Enak” adalah sebuah keharusan, tetapi tujuan selalu menjadi yang utama adalah menghasilkan sebuah produk terbaik”.

“Pemilihan rasa, technology nicotin dan metode pembuatan selalu menjadi hal terpenting yang selalu kami perhatikan. Salah satu bukti nyatanya adalah Lab produksi yang kami buat untuk memenuhi standar lab farmasi internasional guna menjaga kebersihan dan ketelitian dalam segala proses pembuatannya. Dari mulai research and development sampai ke pengemasan, semua sudah sesuai dengan prosedur terbaik,” ujar Dimaz.

Pewarta : Ganet Dirgantoro
Editor : Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber Artikel : https://banten.antaranews.com/berita/167410/movi-selenggarakan-lab-tour-produksi-rokok-elektronik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *